11 Perkembangan Godzilla Toho dari Masa ke Masa (Bagian 2)

  • 3 min read
  • Apr 03, 2021
Perkembangan Godzilla Toho dari Masa ke Masa

Perkembangan Godzilla Toho dari Masa ke Masa – Sesudah mengawali kiprahnya di film Godzilla (1954), si monster kadal datang dalam bermacam design baju. Baju si daikaiju ini punyai nama design yang berbeda.

Dengan pemberian nama yang lain di masing-masing baju, ternyata ada arti spesial di belakangnya. Disamping itu, tiap baju punyai feature spesial yang berbeda

Meneruskan sisi satu, berikut Muvipro suguhkan perubahan Godzilla Toho dari periode ke periode.

1. Bato-Goji

Dalam film: Godzilla versus. Mothra (1992)

Perkembangan Godzilla Toho dari Masa ke Masa.

Asal mula nama design ini berawal dari bahasa Jepang dari Battra atau Batora, sebagai lawan ke-2 Godzilla dalam film itu. Sesuai standard design yang diawali semenjak 1989, design Bato-Goji sedikit dirampingkan hingga sisi pahanya juga tidak sebesar yang awalnya. Feature baru yang ditambah ke design ini ialah elemen intern yang dapat membuat kepala Goji bergerak turun naik sendirinya.

2. Rado-Goji

Dalam film: Godzilla versus. Mechagodzilla II (1993)

Perkembangan Godzilla Toho dari Masa ke Masa

Nama baju ini berawal dari Rodan, lawan Godzilla yang dengan bahasa Jepang dapat ditranslate sebagai Radon. Rado-Goji punyai design yang serupa dengan baju awalnya, sama punyai badan yang lebih ramping dibanding design awalnya di zaman Heisei.

Film ini jadi pertanda pertama Goji keluarkan colored breath weapon kecuali warna putih atau biru, karena ia menyembur Spiral Ray Beam warna merah di luar kartun Hanna-Barbera atau komik Marvel.

3. Moge-Goji

Dalam film: Godzilla versus. SpaceGodzilla (1994)

Perkembangan Godzilla Toho dari Masa ke Masa

Nama Moge-Goji berawal dari Moguera, figur mecha yang menjadi musuh main Goji di film itu. Design Moge-Goji semakin besar dari design awalnya, hingga tampilkan raut muka yang tidak mengancam karena ia dipersiapkan buat peranan yang lebih heroik dibanding film awalnya. Feature baru yang datang dalam baju ini ialah mata Goji dapat melirik.

4. Desu-Goji

Dalam film: Godzilla versus. Destoroyah (1995)

Perkembangan Godzilla Toho dari Masa ke Masa

Nama Desu-Goji berawal dari nama Jepang untuk Destoroyah yang dibaca “Desutoroia”. Baju Desu-Goji dibikin dari baju awalnya dengan modifikasi pada bagian badan yang ditukar dengan bahan tembus sinar komplet dengan beberapa ratus bola lampu kecil yang mengisyaratkan Desu-Goji siap-siap untuk Meltdown.

Wujud dasar badan dan feature muka masih sama dari design awalnya. Tetapi dikasih penampilan merah berpijar sampai ke mata, cakar dan duri punggung.

5. Mire-Goji

Dalam film: Godzilla 2000: Millennium (1999)

Perkembangan Godzilla Toho dari Masa ke Masa. Menyambut penampilannya di film Godzilla vs. Kong.

Nama design ini berawal dari “mireniamu”, yang bermakna “millennium” dengan bahasa Jepang. Untuk pertamanya kali dalam riwayat live action waralaba Godzilla, Mire-Goji diperlihatkan dengan berkulit hijau tua.

Design mulut Mire-Goji kelihatan runcing dan giginya semakin besar dari versus awalnya. Keseluruhannya, penampilan sang King of the Monsters kelihatan lebih tajam dan bergerigi.

6. Gira-Goji

Dalam film: Godzilla versus. Megaguirus (2000)

Gira-Goji.

Nama Gira-Goji berawal dari nama Jepang untuk Megaguirus, Megagirasu. Baju Gira-Goji terasa dari Mire-Goji yang di up-grade dengan sentuhan warna lebih ceria.

Kulitnya kelihatan lebih jelas, dengan sentuhan warna hijau natural serta duri punggung warna keunguan. Ukuran mulut Gira-Goji lebih kecil dan lehernya lebih panjang dari design awalnya.

7. Sokogeki-Goji

Dalam film: Godzilla, Mothra and King Ghidorah: Giant Monsters All-Out Attack (2001)

Sokogeki-Goji

Sokogeki-Goji berawal dari sisi “sokogeki” yang berada di judul film versus Jepang, Gojira, Mosura, Kingu Gidora: Daikaiju Sokogeki. Jika ditranslate, ini berarti “All-Out Attack Godzilla.”

Muka Godzilla dibongkar jadi lebih mengerikan dibanding versus design awalnya. Matanya kelihatan full putih, pupilnya di hilangkan hingga menunjukkan kesan-kesan pure evil dan seram karena asal mula anyarnya ia dikisahkan memuat roh ingin tahu beberapa korban kegarangan tentara Jepang di Perang Dunia 2 yang ingin balas sakit hati ke Jepang.

8. Kiryu-Goji

Dalam film: Godzilla Against Mechagodzilla (2002) dan Godzilla: Tokyo S.O.S (2003)

Kiryu-Goji

Nama Kiryu-Goji berawal dari versus Mechagodzilla yang ada di Kiryu Saga (2002—2003), Kiryu. Baju Kiryu-Goji yang sudah diubah pada 2003 dikenal juga bernama SOS-Goji.

Design Kiryu-Goji serupa Mire-Goji dengan feature tambahan, seperti tehnologi animatronik yang membuat wajahnya dapat tampilkan gestur semakin banyak dibanding design awalnya. Animatronik di mukanya memungkinkannya Godzilla ini memperlebar matanya karena kaget dan geram.

9. Final-Goji

Dalam film: Godzilla: Final Wars (2004)

Final-Goji

Nama baju ini diambil dari film yang diperankan si daikaiju, Godzilla: Final Wars (2004). Sebagai peringatan 50 tahun Godzilla, Toho company putuskan reboot dan meremehkan baris periode dari film awalnya.

Final-Goji tampilkan Godzilla yang lebih tradisionil, tetapi tetap menjaga warna charcoal dan duri putih. Walau design bajunya lebih ramping, lengan Final-Goji masih semakin besar dan seimbang seperti manusia dibanding design yang lain.

10. Shin-Goji

Dalam film: Shin Godzilla (2016)

Shin-Goji

Design Shin-Goji diambil dari Shoudai-Goji yang diperbaharui untuk pemirsa kekinian, kepalanya diambil dari concept art Shoudai-Goji yang memiliki bentuk serupa mushroom-cloud. Gigi Shin-Goji berupa jarum dan kelihatan horor, ukuran matanya juga benar-benar kecil hingga susah kelihatan dalam beberapa episode. Shin-Goji punyai design mulut yang aneh, sisi rahang bawahnya kelihatan lentur dan terbelah seperti ular.

11. Godzilla Earth

Dalam film: Godzilla: Planet of the Monsters (2017), Godzilla: City on the Edge of Battle (2018), dan Godzilla: The Planet Eater (2019).

Godzilla Earth

Godzilla Earth termasuk unik karena ia berawal dari tumbuhan, bukan hewan. Ia dikisahkan sebagai hasil akhir penyeleksian alam di Bumi dan sudah bertahan sepanjang 20.000 tahun sebagai makhluk hidup paling besar (300 mtr.) dan paling kuat dalam riwayat planet Bumi.

Godzilla Earth sepintas seperti Godzilla MonsterVerse. Tubuhnya besar, berleher tebal dan pendek, lengan besar, komplet dengan dorsal plates berupa segitiga bergerigi, dan kepalanya serupa buaya dengan moncong yang relatif panjang.

***

Itu perubahan Godzilla bikinan Toho Company yang telah temani fans lebih dari 6 dasawarsa. Tidak hanya datang dalam film live action, Goji juga sempat pernah datang di trilogi anime dengan bentuknya yang unik.

Menurut kalian, mana Godzilla Toho paling bagus? Bagi opini kalian di kotak kometar dan awasi Muvipro buat info sekitar Godzilla dan kaiju yang lain, ya.

– Godzilla alami pengubahan wujud muka dan baju sampai yang bakal kita saksikan dalam film Godzilla versus. Kong.
– Pengubahan Godzilla di bawah ini sesuaikan pada jalan narasi filmnya.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *